3 Surga Buku Terpendam di Jogja Sepengetahuan Saya

Bukan. Tulisan ini bukan akan mengulas "Shopping Center" yang terkenal itu. Bukan pula toko-toko seperti Togamas ataupun Social Agency yang memberi diskon kepada buku-bukunya setiap hari. Dalam tulisan kali ini, saya akan membahas tentang beberapa tempat "berburu" buku yang mungkin sedikit terlupakan atau bahkan beberapa dari kita belum mengetahui keberadaannya di Yogyakarta.

1. Gudang Penerbit Gramedia

Terletak di Jalan Raya Tajem, tempat ini memang benar-benar berfungsi sebagai gudang. Jadi jangan heran jika buku-buku yang ada di sini adalah stok lama dan beberapa di antaranya sudah tertutup debu tebal atau kertasnya sudah agak menguning. Namun tentu saja hal tersebut tidak membuat buku-buku yang berada di sini tidak worth-it untuk dimiliki. Perlu ketelitian dan ekstra usaha untuk berkeliling memilih dan memilah buku mengingat tempatnya yang memang lumayan luas.


Soal harga jangan ditanya. Tentu harganya akan sangat berbeda dengan harga buku di toko Gramedia pada umumnya. Beberapa serial ataupun komik juga tersedia versi bundling-nya. Jadi, akan lebih menghemat daripada membeli per item buku.

2. Toko Komik dan Novel Galaxy Media

Bagi penggila komik manga, tempat ini dapat dianalogikan sebagai surga. Mulai dari komik bekas sampai yang baru. Mulai dari yang satu bundle lengkap, sampai per item komik. Hampir semua jenis ada.


Toko ini terletak di Jalan Bougenville 11 b (Selokan Mataram, di samping  kafe Cats and Coffee). Referensi yang bagus bagi yang ingin mengkoleksi serial komik manga atau hanya ingin bernostalgia dengannya. Selain komik, ada beberapa novel second hand yang juga diperjualbelikan dengan harga sangat miring.

3. Deretan toko buku di Jalan Brigadir Jenderal Katamso

Tepatnya di sebelah barat tepi jalan, berderet beberapa toko yang memajang beberapa koleksi bukunya. Mulai dari buku pelajaran, sampai buku-buku terjemahan ataupun buku impor. Konsepnya hampir sama dengan "Shopping Center" yang ada di Taman Pintar Yogyakarta, buku-buku bekas dan baru dipajang sehingga para pembeli dapat bebas memilih.


Di salah satu kios toko buku inilah saya bertemu dengan sosok Opa Zul, kakek berumur 87 tahun yang masih tetap bersemangat untuk bekerja dan menjaga tokonya. Untuk cerita selengkapnya dapat dibaca disini.

Oh iya, tentu saja rekomendasi ini adalah rekomendasi sepengetahuan saya. Jadi, bagi yang memiliki rekomendasi tempat berburu buku lainnya atau toko buku favorit kalian, feel free to share di kolom komentar ya!

Komentar

  1. 88888 casino | Dr.MCD
    SEGA's 16-bit 남원 출장샵 Genesis 당진 출장샵 library is 구미 출장안마 packed full of retro classics, including 원주 출장안마 many 영천 출장샵 titles such as Altered Beast, Sonic CD,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Maiyahan

Opa Zul